Bank Indonesia Lakukan Intervensi untuk Bendung Pelemahan Rupiah

BI Lakukan Intervensi untuk Bendung Pelemahan Rupiah

Bank Indonesia Lakukan Intervensi untuk Bendung Pelemahan Rupiah – Mata duwit rupiah pada Selasa (16/4) jatuh ke level terlemahnya dalam empat th. sewaktu pasar ulang di buka sehabis liburan Idulfitri. Anjloknya nilia rupiah ini mendorong bank sentral untuk lakukan intervensi di pasar untuk membendung penurunannya.

Rupiah melemah sebesar 2,27% menjadi 16.200 per dolar AS, yang merupakan level terlemah sejak awal April 2020. Rupiah apalagi menjadi mata duwit paling melemah di antara mata duwit negara-negara berkembang di Asia.

Meskipun pasar Indonesia di awalnya tutup di karenakan hari libur, dolar AS menguat sehabis knowledge ekonomi AS yang kuat. Dan kenaikan inflasi membuat pasar melewatkan ekspektasi kapan Federal Reserve — atau Bank Sentral Amerika — dapat merasa memangkas suku bunga.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyatakan kepada wartawan bahwa BI “selalu ada di pasar” untuk menstabilkan mata duwit dengan lakukan intervensi dengan memelihara keseimbangan supply-demand valuta asing (valas) di pasar lewat triple intervention terlebih di spot dan domestic non-deliverable forward (DNDF), serta berkoordinasi dengan pemerintah.

Bank Indonesia Lakukan Intervensi untuk Bendung Pelemahan Rupiah

“BI selamanya di pasar. Kami akan pastikan mata duwit stabil,” ujarnya usai menghadiri pertemuan dengan Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri. Membicarakan pengaruh meningkatnya ketegangan geopolitik di Timur Tengah.

Sebelumnya, Edi Susianto, kepala departemen moneter BI menyatakan kepada Reuters bahwa bank sentral terhitung akan menaikkan kekuatan tarik aset-aset berdenominasi rupiah.

BI menyatakan tekanan terhadap rupiah terhitung di sebabkan oleh berkurangnya sentimen terhadap aset-aset berisiko di tengah meningkatnya ketegangan antara Iran dan Israel.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto, yang menghadiri pertemuan yang sama dengan presiden. Menyatakan pemerintah tengah memantau pengaruh meningkatnya ketegangan di Timur Tengah terhadap harga minyak dan cost logistik.

Baca Juga: Iran Menutup Fasilitas Nuklir Usai Serang Israel

Indonesia adalah negara pengimpor minyak dan negara yang menghabiskan banyak subsidi energi, terhitung bahan bakar.

Airlangga mengatakan, pemerintah akan menegaskan defisit anggaran tidak melebihi pagu yang di tetapkan sebesar 3% dari product domestik bruto.

Satria Sambijantoro, analis broker Bahana Sekuritas, menyatakan tekanan kenaikan dolar bisa saja bertahan jikalau knowledge inflasi dan pekerjaan AS terus menguat sampai pemilihan presiden AS pada bulan November.

Dia menyatakan BI bisa saja kudu menaikkan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin menjadi 6,25% pada pertemuan selanjutnya untuk menolong menstabilkan rupiah.

BI akan mengadakan rapat kebijakan bulanan pada 23-24 April.

Handy Yunianto, analis di Mandiri Sekuritas, yang memperkirakan rupiah akan berada di kisaran level sementara ini. Menyatakan cadangan devisa BI yang besar akan memberi BI fleksibilitas dalam menstabilkan mata duwit lewat intervensi pasar.

Imbal hasil obligasi acuan 10 th. naik sebesar 6,888%, tertinggi sejak November 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *